Pages

Monday, June 29, 2015

PUASA SEHAT TANPA DEHIDRASI BERSAMA AQUA

halo selamat sianggg, wuhuu hampir 2 minggu kita melaksanakan ibadah puasa ya, semoga puasa kita setiap harinya selalu menjadi berkah dan tetap sehat terus ya ^^ 
dibulan puasa ini kegiatannya enggak jauh beda dengan bulan – bulan lainnya, tetap ngerjain open PO HLV dan tetap mempersiapkan stock produk Hasta La Vista juga, karena sew must go on kan ya walaupun bulan puasa  ^^ 



nah, yang membedakan menjahit dibulan puasa ini tentu saja asupan makanan dan minuman yang berkurang ketika kita menjalankan ibadah puasa disiang hari. Memang sih asupan gizi kita bisa digantikan dimalam hari, tapi pasti deh ngalamin keteteran juga menjaga asupan makanan dan minuman kita ketika sudah buka puasa karena waktu berbuka yang kurang lebih cuma 1 jaman, abis itu dilanjut teraweh. Nah biasanya habis teraweh ini kita langsung tidur kan, takut saurnya kesiangan, hihi.
Dan karena pola inilah awal – awal puasa kemaren sering banget ngalamain dehidrasi. Jujur aja, pas awal – awal puasa lebih banyak minum kolak dan minuman dingin dibanding air putih, jadinya pas siang kerasa banget tenggorokan kering karena kayaknya tubuhku kekurangan cairan, dan itu enggak enak banget jadinya. Badan jadi lemes dan pengennya cuma tiduran. Dan udah pasti dampaknya adalah, akunya jadi gak produktif, huhu 

Karena aku gak mau bulan Ramadhan ini menjadi sia – sia karena sering lemes dan dehidrasi, kemudian aku coba browsing kiat – kiat berpuasa agar tetap fit dan sehat. Dan setelah baca beberapa artikel terkait, pilihanku jatuh pada kiat sehat AQUA dengan pola 2 + 4 + 2. Hihi udah kaya pelajaran matematika aja ya ada hitung – hitungannya segala :D, tapi ini ternyata berguna banget loh pas udah diterapin ^^ 
Jadi pola 2 + 4 + 2 ini adalah semacam pola minum kita ketika berbuka sampai sahur sehingga kebutuhan air dalam tubuh tercukupi. Udah tau kan kalo 75% cairan tubuh adalah air, jadi kalo kebutuhan air tercukupi kan jadi enggak ngerasain dehidrasi pas siangnya ^^. 
Kebetulan aku memang sudah langganan minum aqua galon selama jadi anak kos. Tapi dibulan puasa ini akhirnya galonnya sengaja aku kosongin, aku ganti pake 2 buah AQUA botol 1 liter setiap harinya supaya lebih gampang nerapin pola 2 + 4 + 2 ini, kan 2 liter AQUA botol setara dengan 8 gelas air minum ^^ 



Jadi gimana nih cara nerapin pola sehat 2 + 4 + 2 dari AQUA ini?, let me explain kiat hidrasiku selama puasa bersama 2 + 4 + 2 dari AQUA ya sesuai pengalamanku ^^ 



2 yang pertama adalah 2 gelas AQUA ketika berbuka puasa. jangan berfikir ketika sudah buka puasa kita batalin dengan minum AQUA 2 gelas langsung ya, jangannnn nanti langsung kembung dong -,- 
Jadi pas udah waktunya buka puasa aku minum AQUA 1 gelas dulu buat “say hi” sama perut yang kosong selama seharian, setelah itu bisa nyemil kurma atau buah, tapi jangan banyak – banyak ya takut perutnya nanti kaget, selingin dulu sama solat Maghrib biar perut kita juga jadi lebih siap ^^ 
Habis solat, aku enggak langsung makan nasi sih. Biasanya aku cuma makan buah dan sayur dilanjut 1 gelas AQUA lagi. Selain takut perutku masih kaget, biar pas terawih enggak begah atau kekenyangan juga :D 
Setelah selesai solat terawih, lanjut lagi nerapin pola kedua, yaitu minum 4 gelas AQUA. Ini juga jangan langsung minum 4 air sekaligus yaaaa, tapi dibagi – bagi. 1 gelas pertama aku minum dulu setelah selesai solat, setelah itu lanjut buat makan berat. Setelah selesai makan aku minum lagi 1 gelas AQUA. Biasanya habis itu aku suka duduk santai mainan leptop sambil nyemil, sambil nyemil inilah aku minum lagi AQUAnya 1 gelas. Dan ketika mau tidur, enggak lupa aku minum lagi 1 gelas AQUA, selain tidur kita jadi enggak keganggu karena dehidrasi. Ternyata minum air sebelum tidur juga mempermudah buat bangun sahur loh, karena pasti kalo udah jam 2 atau jam 3 pagi kebangun karena kerasa mau pipis :D
Dan pas sahur ini aku terapin lagi pola terakhir 2 + 4 + 2 dari AQUA ini, yaitu minum 2 gelas AQUA selama sahur. pas bangun, aku langsung minum 1 gelas AQUA dulu kemudian lanjut makan sahur, setelah selesai makan aku minum lagi 1 gelas AQUA, dan aku siap deh buat berpuasa tanpa takut dehidrasi! 

Sangat gampang banget kan ya buat diterapin! Selama nerapin pola 2 + 4 + 2 dari AQUA ini, aku ngerasain banyak manfaatnya. Selain asupan air untuk tubuh yang tercukupi, dengan cara ini pola makanku jadi lebih teratur juga, karena dengan menerapkan pola 2 + 4 + 2 ini, pola makannya juga mengikuti. Jadi asupan airnya dapet, asupan gizinya juga dapet *yayyyyyy*
Kalo udah gini, puasanya jadi lancar, tetap aktif dan produktif, dan bebas dari dehidrasi! 

ohya kalo ada acara buka bersama, aku juga suka bawa AQUA loh yang ukuran 600ml, buat jaga - jaga kalo minuman yang disajikan manis semua :D




Yuk coba deh kamu terapin juga pola sehat selama puasa dari AQUA ini, pasti deh kamu juga bakalan ngerasain sehatnya juga. kalo badan sehat, melakukan kegiatan - kegiatan pas puasa pasti juga akan tetap maksimal ^^

13 comments:

  1. sip 2-4-2 ya, memang minum air putih lebih bagus ya daripada yang ada rasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaaa mba, aku kemana mana pasti bawa aqua ni sekarang, terkadang rumah makan cuma nyediainnya es teh sama es jeruk aja, huhu

      Delete
  2. Setuju... Aqua teng teng teng teng... hehehe :) Aku juga kalo lagi ngetik gak akan mau ngetik kalo gak ada air putih.. dan donat.. hehehehe :)

    ReplyDelete
  3. Great post !!O
    I'm following you, I hope you can follow me back <3

    http://beautybeybi.blogspot.com.tr/

    ReplyDelete
  4. harus nerapin minum 2 + 4 + 2 nih biar puasanya sehat

    ReplyDelete
  5. yuk mari puasa sehat dengan menerapkan pola 2 + 4 + 2

    ReplyDelete
  6. Kalau aku mah 8+8+8, hahahaha *rakus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaaa mba Indi banyak banget minumnyaaaa :D

      Delete
  7. Tiap hari aku paksain minum air putih 1L, kadang juga sampai 2L ^^
    aihhhh aku jadi kangen menjahit! huhuhuhu~
    mesin jahitnya mau dibersihkan dulu dan diminyaki si >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi semangat mba minum air putihnya :D
      ayuk mba njait lagiiii, nanti pasti susah berhentinya :D

      Delete