Pages

Thursday, February 8, 2018

Flohmarkt Fest: Maret 2017

Sebetulnya, ini sungguh keterlaluan ya. acara yang sudah berlalu sedari Maret tahun lalu, baru ditulis rekapnya Februari 2018, hampir setahun lamanya. Agaknya memang saya sangat punya rasa malas super akut. tapi tak apa, lebih baik terlambat daripada tidak ada rekam jejaknya sama sekali :D. Segala yang menyangkut Hasta, harus sekali ditulis memorinya, untuk kilas balik di masa tua :).


Januari 2017, Vina, panitia dari Flohmrkt menghubungi saya, menawari maukah saya mengisi kegiatan workshop di event Flohmrkt tersebut. Tahun - tahun sebelumnya saya memang rajin ikut event dari Flohmrkt, namun semenjak saya pindah ke kontrakkan kala itu, saya meng-cut segala kegiatan bazaar untuk Hasta. Alasannya, belum ada lagi yang bisa membantu saya mengurus ini itu. Maklum, untuk kegiatan bazaar, saya lebih sering ikut yang di Jogja. Tak ayal, persiapannya pun menjadi banyak dan kadang mendekati situasi rumit dan ribet, ribet - ribet senang. Ketika masih di kos, banyak adik - adik kos yang bisa di mintai bantuan, nah.. setelah di kontrakkan dan sendirian, bingung juga ternyata untuk kegiatan outdoor Hasta :D.
Saat ditawari menjadi pengisi workshop, saya mintakan pendapat dahulu kepada pak pengawas yang di Jogja, dia sih oke - oke saja, pasti akan membantu, sepanjang saya tidak kelimpungan membawa bahan untuk workshop dari Solo ke Jogja. Untuk masalah transportasinya, kala itu rencana awalnya akan naik kereta saja, bahan - bahan workshop di taruh di kontainer, nanti berangkat pagi pulang sore harinya. Begitu rencana awalnya, namun..
Namun kemudian, kayaknya rugi deh kalo enggak sekalian ikut bazaarnya, sudah setahun vakum juga dalam perbazaaran :D
Hmm.. mulai kan tergoda juga, kadung kepengen, ya sudah akhirnya cari - cari tenaga untuk jaga booth bazaar. Eh, mungkin semesta juga turut merido'i si anak yang selalu mintanya macam - macam ini, ada teman yang baru resign dari pekerjaannya. Langsung saja saya todong untuk menemani saya mengurus workshop dan bazaar di bulan Maret (kala itu masih bulan Februari, sama seperti saat ini), dia meng-iyakan. Hasilnya, mengisi workshop saya iyakan, ikut bazaarnya juga sekalian. Karena waktu yang mepet itu, akhirnya bikin stok untuk bazaarnya sistem SKS, namun sejadinya, seadanya, santai ajahhhh, anggap aja ini liburan (itu mottonya, hehe). 
Untuk properti bazaar, saya memutuskan untuk menyewa di Jogja saja supaya tidak ribet, di Jogja banyak sekali jasa sewa properti bazaar. Mulai dari rak, gantungan, hanger, semuanya ada. Jasa seperti ini sangat membantu sekali untuk tenant luar kota seperti saya ini. Ohya untuk keberangkatannya kami memutuskan untuk sewa mobil dari Solo - Jogja mengingat bawaaanya yang lumayan banyak, untuk moda transportasi di Jogja, sebelumnya saya pun sudah booking sewa motor selama 3 hari berada di sana.




Bazaarnya sendiri berlangsung selama 3 hari, saya lupa tanggalnya, namun harinya adalah Jumat sampai Minggu. Untuk workshopnya sendiri, saya mengisi selama 2 hari dengan materi yang berbeda di hari Jumat dan Sabtu. Kala itu saya kebagian mendapat jatah workshop di pagi hari, jam 10 pagi. Jam 9 pagi sudah otw dari hotel. Untuk hotelnya, saya menginap di Yellow Star Gejayan. Hotelnya bersih, tata letak dan interiornya seperti kebanyakan hotel bintang 3 lainnya, menjulang tinggi ke atas :D. Namun, anu.. hehe.. sekat kamar mandinya itu transparan, jadi segala kegiatan kamar mandi bisa dilihat dari kasur :D. Tirai penutupnya ada kok, tapi ya agak - agak ndrawangi gitu lah (ndrawangi bahasa Indonesia-nya apa yah?). Kalo menginap sendiri atau dengan pasangannya sih enggak masalah ya, tapi saya berdua dengan teman saya, sama - sama perempuan, sama - sama malu :D. sayangnya saya lupa foto - fotoin suasana hotelnya, punten ya tidak bisa share gambarnya. Eh tapi cari ajalah ya review dan gambarnya di google banyak :)

Karena mendapat jam workshop di pagi hari, maka kami memutuskan buka boothnya setelah selesai mengisi workshop, sekitar jam 1 siang. Dimana yang lain sudah duduk rapi dan sibuk melayani pembeli, kami masih asik nan santai nata - nata dagangan. Di sambi makan, di sambi cerita - cerita, di sambi rumpiin hal - hal receh :D. Walhasil, sekitar jam 2 siang booth Hasta baru bisa siap sedia. Kembali ke motto awal, anggap saja ini liburan :D. Dan karena pak pengawas bekerja penuh di hari Jumat, maka dia menyambangi kami di sore hari. Sabtu dan Minggu, dia datang lebih awal :)





Untuk workshopnya, saya menyiapkan 2 materi yang berbeda di hari sabtu dan minggu. Semuanya seputaran frame purse. Sebelumnya tidak menyangka peserta yang tertarik ternyata banyak, kala itu saya batasi perhari maksimal adalah 10 peserta, namun terpaksa mbleber sampai 14 peserta karena masih ada yang ingin ikut. Bagaimana mungkin saya menolak orang - orang yang ingin belajar? :)





Oh ya venue acaranya ini di parkiran mobil lantai atas, asik ya!. Parkiran mobil yang biasanya pengap dan enggak pernah terpikirkan untuk dijadikan tempat event, bisa dijadikan "playground" asik macam ini, panitia menyulapnya menjadi tempat berkegiatan yang seru. Kebetulan tempat workshopnya ini berada di pinggir tempat parkir, kita dapat angin super sepoi - sepoi pengusir gerah :D





Yang spesial dari workshop kala itu saya kedatangan peserta dari Malaysia, kak Liza namanya. Beliaunya datang jauh - jauh dari Malaysia saking inginnya bisa ikut workshop ini, saya sungguh haru :))). Setelah itu pertemanan kami berlanjut sampai saya bisa diterbangkan juga ke Malaysia, nanti diceritakan terpisah ya ^^.




Saya selalu senang setiap mendapat undangan mengisi workshop seperti ini. Artinya, saya diberi kesempatan menyebar luaskan sedikit ilmu yang saya punya. Harapannya, semoga kegiatan ini bisa menambah wawasan dan menjadi pengalaman baru untuk setiap pesertanya. Syukur - syukur, kegiatan ini bisa menjadi semacam batu loncatan juga untuk berdikdaya dalam dunia per-handmade-an. Setidaknya, mereka mengenal basic- basicnya :).

Acara workshop menjahit yang saya adakan ini, saya namakan Menjahit Bersama Rini. Kegiatan - kegiatan workshop Hasta lainnya ini bisa di tilik di instagram dengan menyertakan hastag #menjahitbersamarini.
Saya sering sekali mendapat pertanyaan kapan workshop selanjutnya?, kapan ada kelas menjahit lagi?, buka kelas privat gak?.
Sejujurnya saya tidak tau kapan workshop selanjutnya akan diadakan lagi, plus saya tidak membuka kelas privat :). Saya hanya mengadakan workshop bila mendapat undangan saja. Sampai saat ini saya tidak mengadakan workshop atas inisiatif sendiri. Kenapa begitu?, hehe saya menghidari keribetan mengenai segala keperluan workshop. Untuk menyiapkan Kits workshop saja terkadang amat menyita waktu, jadi saya merasa terbantu sekali bila sudah ada panitia yang mengurus pendaftaran dan venue workshopnya. Jadi bila tertarik dengan kegiatan #menjahitbersamarini, sila Email atau WA saja, nanti kita rundingkan baiknya ya ^^


Lalu bagaimana, capek enggak ngisi workshop dan jaga booth bazaar sekaligus?, capek lahh :D. Tapi ya capek - capek gembira. Gembira karena setiap workshop dan bazaar saya bisa berkenalan dengan teman - teman baru. Plus, kegiatan luar kota seperti ini selalu kami anggap liburan untuk Hasta, jadi bawaanya ya senang - senang aja :).
Ada rencana ikut bazaar lagi setelah ini?, umm kayanya enggak dulu, mau jualan online dulu aja di @temanhasta, bocoran - bocoran produk barunya sih ada di @HLV_handmade, hehe. 
Tapi kalo mau berkolaborasi untuk acara workshop, saya selalu terbuka kok. Yang penting panitianya jelas, venue dan koordinasi peserta di bantu panitia, pasti saya selalu siap ^^.



Selesai acara, kami pulang ke Solo di hari Senin pagi. Kami mendapat supir bapak - bapak kekar yang senang ngajak cerita, perjalanan Jogja - Solo jadi tidak terasa :D. Sampai di Solo, teman saya penasaran ingin belajar hulahoop juga, Setelah berjuang selama 1 jam agar hulahoop dapat berputar di pinggangnya, dia menyerah :D. Akhirnya kami putuskan untuk makan saja, karena disaat perut kenyang, semua terasa menyenangkan. Tapi jangan lupa, lemak dan kolestrol ada dimana - mana. Hati - hati ya karena berakibat pada pipi yang semakin bulat dan dagu yang berlipat - lipat :D